Sunday 12 February 2012

Miss Indonesia Earth 2009 Nadine Zamira saat opening speech acara Diet Kantong Plastik di Bandung

Pada tanggal 5 Februari 2011, Car Free Day Dago semakin fun dengan adanya acara Headbag Mob atau Diet Kantong Plastik yang dikenal di social media Twitter sebagai #dietkantongplastik. Acara ini merupakan rangkaian acara dari Greeneration ID yang telah dijalankan sejak tahun 2010, dan pada tahun 2012 ini acara #dietkantongplastik semakin seru karena dilakukan di 15 kota. Berbagai acara mulai dari bagi - bagi Headbag gratis, longmarch Headbag Mob, dan Headbag painting yang dilakukan di Taman Cikapayang, Dago. Selain itu, ada banyak doorprize untuk para pengunjung Car Free Day yang berpartisipasi di acara ini, mulai dari Tas BaGoes, paket dari HiLo, tas kain Qword, dan ada Folding Bike yang diberikan pada saat acara berlangsung. Tentunya terbayang kan, bagaimana antusiasme orang – orang yang ikut serta dalam Headbag Mob kali ini?! Acara Headbagmob juga diramaikan oleh berbagai komunitas di Bandung, termasuk teman - teman Mojang Jajaka Kota Bandung, Grand Finalist HiLo Green Ambassador 2011, serta Nadine Zamira, Miss Indonesia Earth 2009.

Suasana acara #dietkantongplastik di Car Free Day Dago, Bandung

Nadine Zamira saat diwawancara oleh Metro TV

Di acara ini, teman kita dari Greeneration ID, Shelly, berbagi cerita banyak ke IP tentang acara Headbag Mob kali ini. Menurut Shelly, Headbag Mob adalah salah satu bentuk kampanye #dietkantongplastik untuk mengajak masyarakat untuk lebih bijak menggunakan kantong plastiknya. Dalam acara ini, masyarakat diminta menukarkan 2 kantong plastiknya yang sudah tidak terpakai dengan kantong tas kain dari Tas BaGoes. Kantong tas kain tersebut kemudian digambari oleh pemiliknya masing-masing agar mereka semakin cinta dan bangga menggunakan kantong tas kain tersebut. Sementara kantong plastik yang terkumpul kemudian digantungkan di sebuah mannequin maupun di orang-orang sebagai "monster kresek", sehingga orang - orang dapat melihat bahwa dengan mengumpulkan kantong kresek dari 500 orang saja, kresek tadi sudah menjadi 2 monster mannequin, apa jadinya kalau se-Bandung? Terlebih setiap harinya tiap rumah pasti biasanya menggunakan rata-rata 2 kresek, bahkan lebih. Padahal kantong plastik kresek ini termasuk bahan yang sangat sulit untuk terurai secara alami dan berpotensi besar menjadi sumber sampah pencemar lingkungan.

Para Mojang & Jajaka Kota Bandung ikut berpartisipasi di acara ini, ada Achmad (Juara 3 Jajaka Kota Bandung 2011), Angga (Finalis Jajaka Kota Bandung 2011), Gardhea (Juara 2 Mojang Kota Bandung 2011), Frisca (Juara 3 Mojang Kota Bandung 2011 & Juata 1 Putri Bunga Nusantara 2011) & Vitri (Finalis Mojang Kota Bandung 2011)

Nanda Nurita Sari (Grand Finalist HiLo Green Ambassador 2011) sedang menggambari kantong tas kain dari Tas BaGoes miliknya

Dithi Sofia (finalis Miss Indonesia Earth 2008 & finalis Miss Scuba Indonesia 2011) bersama rekannya Ragel (finalis Miss Scuba Indonesia 2011) juga ikut meramaikan acara #dietkantongplastik di Bandung

Alasan dipilihnya kota Bandung sebagai kota pertama aksi Headbag Mob ini adalah karena Greeneration terbentuk di Bandung. Selain itu, di Bandung juga terdapat banyak komunitas lingkungan. Kemudian, komunitas Greeneration juga ingin mengetahui kekurangan di daerahnya sendiri terlebih dahulu. Contoh yang paling terlihat adalah melonjaknya jumlah sampah di Leuwigajah. Karena seperti yang kita tahu, di Bandung banyak terdapat komunitas lingkungan tetapi mengapa Bandung bisa kecolongan dengan kasus Leuwigajah itu sendiri, jelas Shelly lagi. Tetapi ke depannya acara ini juga direncanakan akan diadakan di 14 kota lainnya, termasuk Medan, Solo, dan Surabaya.

Ini dia para monster kantong plastik

Para Mojang dan Jajaka asyik menggambari tas kain mereka

Melalui acara ini, diharapkan masyarakat lebih berani mengatakan “tidak” pada kantong plastik dan lebih berani untuk membawa tas kain yang mereka punya. Dengan demikian, masyarakat nantinya lebih bijak lagi memakai kantong plastik. Greeneration ID sendiri tidak melarang masyarakat untuk tidak menggunakan kantong kresek karena kita juga masih perlu menggunakan kantong kresek pada situasi tertentu, namun diharapkan masyarakat dapat mengurangi jumlah pemakaian dari kantong kresek.

Vitri dan Frisca dengan bangga memamerkan tas kain ramah lingkungan mereka

Nanda membagikan kantong kain kepada salah seorang pengunjung Car Free Day Dago

Selama di Headbag Mob, IP juga ditemani oleh Grand Finalist HiLo Green Ambassador 2011 dari Bandung, Nanda Nurita Sari, yang tentunya juga asyik meramaikan acara ini. Nanda juga sempat share harapan dia ke IP terhadap lingkungan dengan diadakannya #dietkantongplastik.
Aku ingin lingkungan dapat lebih terjaga dengan cara mengurangi sampah plastik. seperti yang kita tahu, sampah plastik itu sangat sulit terurai kan?! Jadi, dengan adanya acara ini, orang menjadi lebih sadar untuk mengurangi pemakaian tas plastik itu sendiri.” Sip Nanda, IP dukung deh!


Pamflet informatif yang dipasang oleh Greeneration yang berisi fakta-fakta tentang kantong plastik

Nadine Zamira dan Nanda berfoot bersama tas kain hasil karya mereka


IP says:
"Ketika orang – orang familiar dan hype dengan yang namanya Atkins, South Beach, dan Blood type diet -- dimana itu penting untuk perubahan dirinya sendiri, ternyata ada juga Plastic Diet yang sangat penting untuk diri sendiri dan tentunya untuk lingkungan. Plastic Diet is not about what we eat, it’s all about what we usually do. Believe it or not, rata – rata penggunaan sampah plastik terjadi ketika kita membeli makanan juga kan?! Jadi, mari kita mulai mengatakan TIDAK untuk plastic bag."

Terima Kasih Kepada:
Greeneration, Nadine Zamira, Dithi Sofia, dan Nanda, yang membantu lancarnya liputan IP kali ini.


Liputan : Yutha Diantra

Sumber Foto : Yutha Diantra, Dithi Sofia, dan Frisca

0 comments:

Post a Comment

 
Toggle Footer